Kamis, 08 Oktober 2009

macet di jakarta

macet dijakarta makin menjadi2 gan,setelah jakarta bisa sedikit bernafas dikala libur lebaran,sekarang jakarta ud kyk biasa lagi,biasa macet,biasa panas,biasa banget polusinya yang sangat2 meracuni warga jakarta.

beberapa minggu yang lalu gw baca sebuah berita di media cetak,berita ini membahas tentang salah satu solusi menanggulagi macet.yang dibahas disitu adalah dengan mengembangan atau memperbaiki fasilitas kendaraan umum dijakarta. bisa dengan cara memaksimalkan kereta.atau apalah gitu. tapi gk cuman itu si menurut gw, knp kendaraan dijalan tu gk dibatesin,kyk angkot dalam satu trayek dibatesin jumlahnya dan membatasi kendaaraan pribadi (bukan cuman kyk 3 in 1, kalo 3 in 1 tu cuman kyk pengalihan macet doang). mungkin pembatasan kendaaraan pribadi bisa dengan membatasi umur kendaaraan pribadi yang beredar dijalanan (mobil dengan umur diatas 10tahun dilarang jalan pada siang hari) menaikan harga parkir (jadi orang mikir 2 kali buat bawa mobil). gw mikir kyk gini soalnya bensin dinaekin aja jakarta tetep macet,kyknya kenaekan bensin waktu itu tu gk ngaruh.malah kenaekan bensin tu malah membuat kenaikan harga2 bahan2 pokok. nah mending hal yang berkaitan dengan mobil itu langsung selain bensin kan yang diubah. tul gk gan..ini cuman pemikiran gw doang si

oia kereta api juga dibenerin,dari mulai jadwal yang gk telat2 lagi, kapasitas yang lebih gede. fasilitas dibagusin,sekarang udh mulai bagus si.tapi dibagusin lagi dong. dan waktu operasionalnya diperlama, di jepang aja dari jam setengah 5 pagi sampe jam setengah 2 pagi kan. di indonesia tu cuman ampe jam 9an udh dikit banget.

terus buat transjakarta (busway), transport yang satu ini tampaknya sudah mulai menjadi transport yang sangat digemari warga jakarta. nah gw berharap transport ini bisa lebih lama lagi waktu operasionalnya (kalo sekarang kan cuman ampe jam 10malem,coba ampe jam 12 malem bahkan kalo perlu 24 jam lah)

semoga jakarta bisa berubah lah gan.

amien

Tidak ada komentar: